الإسلا م والد يمقراطية


الإسلا م والد يمقراطية
يختلف نظام الحكم في الأ مم الديمقراطية. واختلا فة يرجع إلى تاريخ هذه الأمم حينا, وإلى طباع أهلها أو نظامهم الاقتصادي حينا اخر. وبنيت الديمقراطية على حكم الشعب نفسه عن طريق التمثيل الصحيح والمناقشة والتسليم برأي الأغلبية, على أن هذه المظاهر مشهورة في مبادئ حقوق الإنسان ومعروفة في شعار الفرنسين: الحرية والإخاء وامساواة.
 و نظام الحكم في الإسلام يجب أن يكون في صورة أو أحرى من صور الحكم في الأ مم الد يمقراطية في عصرنا الحاضر. فكل نظام لا يقوم على أساس من حرية الفرد وتضامن الجماعة وحق الشعب عن طريق المناقشة الحرة والانتهاء إلى رأي الأغلبية أو قوة البرهان والأدلة, لا يناسب القيام التي دعا إليها الإسلام. و يجب على المسلم التمسك بقواعد دينة والدفاع عنه. وهذا ما قصده الإسلام بالشورى, وقد أمر بها القراَن بقوله تعالى: وَشَاوِرْهُمْ فِي الأَمْرِ(سورة آل عمران:159). من خلال المشاورة, ينال الأفراد حريتهم العليا في إبداء وتبادل آرائهم فيأخذون ما يحسن في حياتهم من الآ راء والأقوال التي تناقش. والشورى قد جرت منذ عصر النبى صلى الله عليه وسلم, وعصر الخلفاء الرشدين عن طريق الانتخاب المباشر دليل على وجود الشورى حينذاك.
فلابد من الرجوع إلى المبادئ العامة للإسلام لنتبين أن نظام الشورى لإسلامية  يجب أن يتحقق به للناس حظ من المبادئ الأساسية وهي: الإخاء والمساواة.
لقد ذهب لإسلام في تقرير مبدأ الإخاء إلى أبعد مدى. فهو لم يضع حدا من الحدود, ولم يجعل الجنس ولا اللغة ولا اللون سببا في التباعد بين النس, ولم يفضل العربي على العجمي. قل تعالى: يَاأَيُهَا النَّاسِ إِنَّا حَلَقْنَكُمْ مِنْ ذَكَرِ وَأنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوْبَا وَقَبَاعِلَ لِتَعَارَفُوْ إِنْ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللهِ أَتْقَكُمْ (سورةالحجرات:13). وقال النبى صلى الله عليه وسلم: "لا فضل العربي على أعجمي ولا لعجمي علي عربي إلا باالتقوى"(رواه احمد).
الإخاء في الإسلام ليس حديثا يجري به اللنسان, أومظهار من مظاهر المجاملة فقط, بل هو مبدأ أساسي يجب أن يكون له آثاره في الأعمال والأفعال. وأما مظاهره الأسمي فهو الاحترام و إلايثار على النفس, فإذا لم يحترم أحد أخاه لأنه يحتلف من حيث الجنس أو اللغة,فهو ضعيف الإسلام. وقد ظهرت هذه الأحوال في حياة النبى بحيث  يجب دعوة الحر والعبد. كان أبوبكر في خلافته أخا لكل الناس صغيرهم وكبيرهم وكذلك عمر, لأنهم يرون الضعفاء أحق ياخائهم من الأقوياء ويعتبرونه الأساس الاجتماعي.
أما المساواة في الإسلام فهي المثل الأعلى في  تصوّر المساوة, لأنها لا تقتصر علي المساواة أمام القانون فحسب بل تتناول المساوة  أمام الله. ولايوجد مظهارللمساواة في العالم أعمق أثرا في النفس من المصلين الذين يتوجهون إلى الله بدون النظر إ لى تفاوت المال والجاه والسلطان.
وقد اهتم الإسلام بالحرية منذ نشأته, وهي أعز مبادئ الإسلم. والحرية هي بما للانسان من حق في أن يصنع مايشاء, مادام لايؤذي غيره ولايعتدى على حريته. وهذا مناسب بالحديث السريف: "المسلم من مسلم الناس من لسانه ويده""(رواه احمد). وقرر الإسلم التفكير حرية الرأي التعبيرعنه – قبل ظهور شعار الثورة الفرنسة- بأوسع صورها ومعانيها بدليل قيام المذاهيب من المسلمين واحترامهم إياها. فاذ جاز الاختلاف في الأحكام وصح الاجتهاد, فما بالك بما سواها مما لايتصيل بها من الآ راء والمذاهب؟- "الحكومية الإسلامية", ص .9-93, بتصريف.

Islam dan Demokrasi
Sistem hukum dalam negara demokrasi itu berbeda. Perbedaannya terletak pada sejarah dari umat tersebut dalam satu sisi, dan dalam sisi lain, merujuk pada karakter masyarakat dan peraturan-peraturan masyarakat yang bersifat ekonomi. Demokrasi dibangun atas hukum bangsa itu sendiri, dengan metode perwakilan yang benar, diskusi, dan kesepakatan pendapat mayoritas. Fenomena ini, terkenal dalam prinsip-prinsip hak asasi manusia dan dikenal dalam semboyan orang perancis: bebas, persaudaraan, dan persamaan.
Adapun peraturan hukum dalam dunia Islam itu wajib adanya suatu gambaran tersendiri atau gambaran yang lain yang hampir sama dengan bentuk negara demokrasi di masa yang akan datang. Maka, semua peraturan itu tidak boleh dibangun atas undang-undang dari kebebasan perorangan, solidaritas masyarakat, hak-hak suku bangsa dari metode pedebatan yang bebas dan hasilnya itu tergantung pada pendapat mayoritas atau kekuatan argumen dan dalil yang tidak berhubungan dengan nilai yang menuju demokrasi bagi Islam. Wajib bagi orang Islam untuk menjaga aturan-aturan agamanya dan membelanya. Hal ini bertujuan agar musyawarah bia terwujud dalam Islam. Sebagaimana yang telah diperintahkan dalam al-Qur’an dalam firman Allah: “Dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam hal itu” (QS. Al-Imron :159). Di tengah-tengah proses musyawaroh itu, perorangan memperoleh kebebasan mereka yang paling tertinggi dalam menyampaikan dan bertukar pendapat mereka. Dengan begitu, maka mereka akan mengambil yang lebih baik untuk kehidupan mereka dari pendapat-pendapat dan pembicaraan yang diperdebatkan. Musyawarah sudah berjalan ketika masa Nabi Saw. dan masa khulafaur rasidin. Pada saat zaman khulafaur rasidin sistemnya berdasarkan pada pemilu langsung yang mana hal itu merupakan dalil atas terwujudnya musyawaroh.
Maka, bagi Islam hendaknya kembali kepada prinsi-prinsip umum, untuk menerangkan kembali tentang peraturan musyawarah yang berbasis Islam yang mana harus mewujudkan bagian dari prinsip-prinsip dasar bagi manusia, yaitu persaudaraan, kemerdekaan, dan kebersamaan.
Bagi Islam, ketetapan dari pokok-pokok persaudaraan, itu masih jauh dari dasarnya, karena tidak adanya batasan tertentu dan tidak menjadikan jenis, bahasa, dan warna sebagai sebab dalam kesenjangan antar manusia dan tidak adanya menggunggulkan orang Arab atas orang Ajam. Allah berfirman : “Hai manusia, sungguh kami telah menciptakanmu dari laki-laki dan perempuan, kemudian Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu  saling mengenal. Sungguh, yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa” (Q.S Al-Hujarat :13). Dan Nabi bersabda “Tidak boleh mengutamakan orang Arab atas orang Ajam, begitu pula sebaliknya tidak boleh mengutamakan orang Ajam atas orang Arab, kecuali dengan ketakwaan”.
Persaudaraan dalam Islam, bukanlah permasalahan yang berlaku dalam lisan saja atau yang kelihatan dalam basa-basi saja. Namun, persaudaraan itu adalah dasar yang paling pokok yang harus ada efeknya dalam beramal dan bertindak. Adapun kedudukan yang paling tertinggi dari persaudaran adalah bagaimana menghormati dan menjaga atas jiwa. Apabila tdk ada rasa menghormati hanya karena dari segi jenis atau bahasa, maka dia termasuk orang yang lemah imannya. Keadaan ini sudah berlaku dalam kehidupan rasululloh, ketika Nabi mewajibkan untuk mengajak adanya kebebasan dan perbudakan. sebagaimana Abu Bakar pada zaman khilafahnya (kepemimpinannya), persaudaran bagi semua manusia baik yang muda maupun yang tua, begitu juga pada zaman Umar. Sebab, sesungguhnya mereka berfikir bahwa orang lemah itu lebih berhak dijadikan saudara mereka daripada yang kuat,dan mereka menjadikan ibarat atas hak-hak orang-orang pertama itu masuk pada kategori masyarakat.
Adapun persamaan dalam ajaran Islam merupakan prinsip yang paling tinggi dalam menggambarkan persamaan. Sebab, tidak ada batasan untuk menyamakan di depan undang-undang saja, tapi juga bagaimana memperoleh persaman di hadapan allah. Tidak ditemukan persamaan yang lebih dalam jejaknya pada setiap jiwa daripada orang yang sholat yang hanya berorientasi pada Allah tanpa adanya memandang kepada kehebatan harta, pangkat dan kedudukan.
Islam memperhatikan tentang kebebasan pada saat perkembangan Islam, yaitu karena kebebasan merupakan hal yang paling mulia dalam prinsip-prinsip Islam dan kebebasan merupakan sesuatu yang berhubungan tentang hak bagi manusia dalam hal melakukan apa yang ia inginkan. Selagi tidak menyakiti orang lain dan tidak mengganggu kebebasan orang lain. Dan hal inilah yang mempunyai hubungan dengan hadits Nabi ”Orang Islam adalah orang yang menjaga manusia dari perkataan dan perbuatan”. Islam telah menetapkan kebebasan berfikir, berpendapat, dan menyampaikannya. Sebelum jelasnya kejadian revolusi Perancis, dengan luasnya bentuk dari kebebasan dan maknanya dengan adanya dalil berdirinya beberapa madzhab dari orang-orang muslim dan bagaimana penghormatan mereka terhdap kebebasan. Maka apabila perbedaan boleh dalam hukum maka tentu boleh juga dalam ijtihad. Maka apakah mungkin selain kebebasan tidak ada hubungan dengan pendapat dan madzhab? Wallahu a’lam bi al-Showaab.

No comments:

Post a Comment